kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 15:1-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Sidang di Yerusalem
15:1 Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: "Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan." 15:2 Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu. 15:3 Mereka diantarkan oleh jemaat sampai ke luar kota, lalu mereka berjalan melalui Fenisia dan Samaria, dan di tempat-tempat itu mereka menceriterakan tentang pertobatan orang-orang yang tidak mengenal Allah. Hal itu sangat menggembirakan hati saudara-saudara di situ. 15:4 Setibanya di Yerusalem mereka disambut oleh jemaat dan oleh rasul-rasul dan penatua-penatua, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka. 15:5 Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: "Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa." 15:6 Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu. 15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya. 15:8 Dan Allah, yang mengenal hati manusia, telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka sama seperti kepada kita, 15:9 dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka, sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman. 15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri? 15:11 Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga." 15:12 Maka diamlah seluruh umat itu, lalu mereka mendengarkan Paulus dan Barnabas menceriterakan segala tanda dan mujizat yang dilakukan Allah dengan perantaraan mereka di tengah-tengah bangsa-bangsa lain. 15:13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku: 15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya. 15:15 Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis: 15:16 Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, 15:17 supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini, 15:18 yang telah diketahui dari sejak semula. 15:19 Sebab itu aku berpendapat, bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah, 15:20 tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah. 15:21 Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."
Jawab kepada Antiokhia
15:22 Maka rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat itu mengambil keputusan untuk memilih dari antara mereka beberapa orang yang akan diutus ke Antiokhia bersama-sama dengan Paulus dan Barnabas, yaitu Yudas yang disebut Barsabas dan Silas. Keduanya adalah orang terpandang di antara saudara-saudara itu. 15:23 Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya: "Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua, dari saudara-saudaramu kepada saudara-saudara di Antiokhia, Siria dan Kilikia yang berasal dari bangsa-bangsa lain. 15:24 Kami telah mendengar, bahwa ada beberapa orang di antara kami, yang tiada mendapat pesan dari kami, telah menggelisahkan dan menggoyangkan hatimu dengan ajaran mereka. 15:25 Sebab itu dengan bulat hati kami telah memutuskan untuk memilih dan mengutus beberapa orang kepada kamu bersama-sama dengan Barnabas dan Paulus yang kami kasihi, 15:26 yaitu dua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya karena nama Tuhan kita Yesus Kristus. 15:27 Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu. 15:28 Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Antiokhia a city in Syria located 15 miles inland from the Mediterranean Sea on the Orontes River,a principal city of the province of Pisidia in Asia Minor, west of Iconium.
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · bani Simeon the tribe of Simeon
 · Barnabas a man who was Paul's companion on several of his journeys
 · Barsabas the surname of the Joseph who was nominated with Matthias to succeed Judas,the surname of Judas, the disciple sent with Silas to Antioch
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Kilikia a region of SE Asia Minor
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Simeon the tribe of Simeon
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Paulus a man from Tarsus who persecuted the church but became a missionary and writer of 13 Epistles
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · Silas a man who went with Peter and Paul on separate missionary journeys
 · Simeon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Siria the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah


Topik/Tema Kamus: Petrus | Barnabas | Paulus | Yakobus | Bait Allah /Bait Suci | Sidang Majelis | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Konsili Para Rasul | Sunat | Silas | Yudas | Pekerja Gereja | Musa | Hukum, Hukum Musa | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Orang Yahudi | Kilikia | Antiokhia | Yerusalem | Orang Bukan Yahudi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 15:8 - ALLAH, YANG MENGENAL HATI MANUSIA. Nas : Kis 15:8 Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan da...

Nas : Kis 15:8

Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan dalam diri mereka. Allah mengesahkan kesungguhan iman mereka

  1. (1) dengan menyucikan hati mereka melalui karya pembaharuan Roh Kudus (ayat Kis 15:9) dan
  2. (2) dengan membaptis mereka dalam Roh segera setelah itu, yang dibuktikan dengan tanda yang menyertainya, yaitu berkata-kata dengan bahasa roh (Kis 10:44-46; 11:15-18).

Full Life: Kis 15:11 - OLEH KASIH KARUNIA TUHAN YESUS. Nas : Kis 15:11 Persoalan yang penting dalam sidang di Yerusalem adalah apakah sunat serta ketaatan kepada hukum Taurat diperlukan untuk keselamata...

Nas : Kis 15:11

Persoalan yang penting dalam sidang di Yerusalem adalah apakah sunat serta ketaatan kepada hukum Taurat diperlukan untuk keselamatan. Para delegasi berkesimpulan bahwa orang-orang bukan Yahudi diselamatkan karena kasih karunia Tuhan Yesus yang mengampuni dosa mereka serta menjadikan mereka ciptaan baru

(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Kasih karunia datang kepada seseorang pada saat ia bertobat dan percaya pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Kis 2:38-39). Tanggapan ini terhadap kasih karunia Allah memungkinkan dia menerima kuasa untuk menjadi anak Allah (Yoh 1:12).

Full Life: Kis 15:14 - BANGSA-BANGSA LAIN ... MEMILIH SUATU UMAT DARI ANTARA MEREKA. Nas : Kis 15:14 Rencana Allah bagi zaman ini ialah mengangkat dari semua bangsa suatu umat yang dipisahkan bagi nama-Nya. Tubuh Kristus ini, yang d...

Nas : Kis 15:14

Rencana Allah bagi zaman ini ialah mengangkat dari semua bangsa suatu umat yang dipisahkan bagi nama-Nya. Tubuh Kristus ini, yang diambil dari sistem dunia dewasa ini, mempersiapkan diri selaku pengantin perempuan Kristus (Wahy 19:7-8).

Full Life: Kis 15:16 - PONDOK DAUD YANG TELAH ROBOH. Nas : Kis 15:16 Yakobus menyatakan bahwa misi penebusan Kristus melibatkan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi. "Pondok Daud yang telah roboh" ...

Nas : Kis 15:16

Yakobus menyatakan bahwa misi penebusan Kristus melibatkan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi. "Pondok Daud yang telah roboh"

(lihat cat. --> Am 9:11-15)

[atau ref. Am 9:11-15]

menunjuk kepada sisa bangsa Israel yang selamat dari hukuman Allah.

  1. 1) Nubuat Amos menyatakan yang berikut ini:
    1. (a) Allah akan menghakimi Israel yang penuh dosa, namun tidak secara menyeluruh.
    2. (b) Dia akan membunuh semua orang berdosa dalam rumah Yakub (Am 9:10).
    3. (c) Setelah pembinasaan orang Yahudi yang berdosa Allah akan "mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh" (Am 9:11).
  2. 2) Keselamatan dari sisa Yahudi yang telah disucikan ini mengakibatkan bangsa itu mencari Tuhan lagi (ayat Kis 15:17). Di bagian yang lain Paulus mengatakan hal yang sama ketika berbicara tentang berkat bagi orang-orang bukan Yahudi yang akan datang karena sisa orang Yahudi telah diperdamaikan dengan Allah (lih. Rom 11:11-15,25-26).

Full Life: Kis 15:28 - ADALAH KEPUTUSAN ROH KUDUS. Nas : Kis 15:28 Sidang di Yerusalem dipimpin oleh Roh Kudus. Yesus berjanji bahwa Roh akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (Yoh 16:13). ...

Nas : Kis 15:28

Sidang di Yerusalem dipimpin oleh Roh Kudus. Yesus berjanji bahwa Roh akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (Yoh 16:13). Keputusan-keputusan gereja tidak boleh dibuat oleh manusia saja; mereka harus mencari bimbingan Roh melalui doa, puasa, dan penyerahan kepada Firman Allah hingga kehendak-Nya itu diketahui dengan jelas (bd. Kis 13:2-4). Gereja yang dianggap gereja Kristus harus mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat (Wahy 2:7).

Jerusalem: Kis 15:1-41 - -- Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam bab ini menimbulkan beberapa kesulitan: 1) Kis 15:5-7 mengulang Kis 15:1-2 seolah-olah pengarang melapor du...

Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam bab ini menimbulkan beberapa kesulitan: 1) Kis 15:5-7 mengulang Kis 15:1-2 seolah-olah pengarang melapor dua sebab berbeda-beda yang mengakibatkan pertikaian itu dengan tidak mempertalikan kedua sebab itu satu sama lain; 2) dalam Kis 15:6 orang berkesan bahwa diadakan sebuah sidang lepas dari pimpinan jemaat, sedangkan dalam Kis 15:12,22 perdebatan diadakan di hadapan sidang seluruh jemaat; 3) sidang itu menghasilkan sebuah penetapan mengenai beberapa aturan ketahiran yang perlu dibebankan pada orang-orang bukan Yahudi yang masuk Kristen; penetapan itu diserahkan kepada Paulus (Kis 15:22 dst); tetapi kemudian rupanya Yakobus memberitahukan penetapan itu kepada Paulus dan diandaikan bahwa belum diketahuinya, Kis 21:25. Paulus sendiri tidak berkata apa-apa tentang penetapan itu dalam Gal 2:6 (di mana berbicara tentang rapat di Yerusalem itu) atau dalam 1Ko 8-10; Rom 14 (di mana ia memperbincangkan masalah yang serupa); 4) penetapan yang tercantum dalam Kis 15:29 itu dikeluarkan untuk jemaat-jemaat di Siria dan Kilikia, Kis 15:23; hanya Lukas tidak memberitahukan bahwa Paulus mengumumkan penetapan itu waktu melintasi daerah itu, Kis 15:41, sedangkan berkata tentangnya sehubungan dengan kota-kota di Likaonia, Kis 16:4 dan cara bicaranya dalam Kis 15:19-21; 21:25 memberikan kesan bahwa penetapan itu mesti berlaku di mana-mana. Kesulitan-kesulitan tsb dapat diatasi dengan mengandaikan bahwa Lukas mencampuradukkan dua pertikaian yang berlain-lainan dan yang dipecahkan dengan jalan yang berlain-lainan pula (Paulus dalam Gal 2 lebih baik membeda-bedakan) yakni: sebuah pertikaian yang di dalamnya Paulus dan Petrus ikut serta dan yang mengenai soal apakah hukum Taurat mewajibkan orang-orang Yahudi, bdk Gal 2:1-10; dan sebuah pertikaian yang terjadi kemudian dari itu dan yang di dalamnya peranan utama dipegang oleh Yakobus sedangkan Petrus dan Paulus tidak hadir; pertikaian itu mengenai hubungan sosial antara orang-orang Kristen bekas bukan Yahudi, bdk Gal 2:11-14; menurut pandangan Yahudi maka setiap pergaulan dengan orang-orang bukan Yahudi menajiskan, bdk Kis 15:20+.

Jerusalem: Kis 15:1 - orang datang dari Yudea Dalam Gal 2:12 mereka disebut "orang dari kalangan Yakobus".

Dalam Gal 2:12 mereka disebut "orang dari kalangan Yakobus".

Jerusalem: Kis 15:2 - beberapa orang lain Gal 2:1-3 menyebut Titus yang tidak berbangsa Yahudi

Gal 2:1-3 menyebut Titus yang tidak berbangsa Yahudi

Jerusalem: Kis 15:2 - rasul-rasul Di sini rasul-rasul yang tidak disebut-sebut dalam Kis 11:30 atau Kis 21:18 tampil bersama-sama dengan dewan para penatua; ini sesuai dengan Gal 2:2-9...

Di sini rasul-rasul yang tidak disebut-sebut dalam Kis 11:30 atau Kis 21:18 tampil bersama-sama dengan dewan para penatua; ini sesuai dengan Gal 2:2-9 di mana Petrus dan Yohanes dikatakan sebagai "Orang terpandang" di samping Yakobus, saudara Tuhan.

Jerusalem: Kis 15:3 - Mereka diantarkan oleh jemaat sampai ke luar kota Terjemahan lain: setelah mereka ditolong untuk melanjutkan perjalanannya, bdk 1Ko 16:11; Tit 3:13.

Terjemahan lain: setelah mereka ditolong untuk melanjutkan perjalanannya, bdk 1Ko 16:11; Tit 3:13.

Jerusalem: Kis 15:5 - beberapa orang dari golongan Farisi Menurut teks yang lazim orang-orang Farisi nampaknya turun tangan terlepas dari apa yang terjadi di Antiokhia. Teks barat berusaha menerangkan halnya:...

Menurut teks yang lazim orang-orang Farisi nampaknya turun tangan terlepas dari apa yang terjadi di Antiokhia. Teks barat berusaha menerangkan halnya: Tetapi mereka yang telah menyuruh mereka menghadap para penatua itu bangkit

Jerusalem: Kis 15:5 - hukum Musa Menurut Gal 2:3-5 tuntutan itu langsung mengenai Titus yang menemani Paulus ke Yerusalem.

Menurut Gal 2:3-5 tuntutan itu langsung mengenai Titus yang menemani Paulus ke Yerusalem.

Jerusalem: Kis 15:6 - rasul-rasul dan penatua Teks barat masih menambah: dan seluruh umat, bdk Kis 15:12.

Teks barat masih menambah: dan seluruh umat, bdk Kis 15:12.

Jerusalem: Kis 15:7 - berdirilah Petrus Teks barat (dll) menambah: dalam (terdorong oleh) Roh.

Teks barat (dll) menambah: dalam (terdorong oleh) Roh.

Jerusalem: Kis 15:9 - menyucikan hati mereka oleh iman Ini penafsiran atas perkataan sorgawi yang didengar Petrus, Kis 10:15; 11:9, bdk Kis 10:28; Sir 38:10.

Ini penafsiran atas perkataan sorgawi yang didengar Petrus, Kis 10:15; 11:9, bdk Kis 10:28; Sir 38:10.

Jerusalem: Kis 15:10 - mencobai Allah Mencobai (bdk 1Ko 10:13+) Allah ialah: menantang Dia untuk memberi tanda bukti dengan turun tangan dalam suatu kejadian atau membuat sebuah tanda ajai...

Mencobai (bdk 1Ko 10:13+) Allah ialah: menantang Dia untuk memberi tanda bukti dengan turun tangan dalam suatu kejadian atau membuat sebuah tanda ajaib, Kis 5:9; Kel 17:2,7; Bil 14:22; Ula 6:16; Jdt 8:12-17; Maz 95:9; Yes 7:11-12; Mat 4:7 dsj; Kis 5:8-10; 1Ko 10:9.

Jerusalem: Kis 15:11 - sama seperti mereka juga Ini langsung menanggapi pertanyaan yang diajukan dalam Kis 15:1. Ajaran ini terungkap juga dalam Gal 2:15-21; 3:22-26; Rom 11:32; Efe 2:1-10, dll. Dit...

Ini langsung menanggapi pertanyaan yang diajukan dalam Kis 15:1. Ajaran ini terungkap juga dalam Gal 2:15-21; 3:22-26; Rom 11:32; Efe 2:1-10, dll. Ditinjau dari segi ini maka orang-orang Yahudi tidak mempunyai keistimewaan; bdk Kis 13:38; Gal 5:6; 6:15.

Jerusalem: Kis 15:12 - Maka diamlah seluruh umat Teks barat: Oleh karena para penatua menyetujui apa yang dikatakan Petrus, maka...

Teks barat: Oleh karena para penatua menyetujui apa yang dikatakan Petrus, maka...

Jerusalem: Kis 15:13 - Yakobus Gal 2:9 menyatakan betapa penting peranan yang dipegang Yakobus dalam perkara itu.

Gal 2:9 menyatakan betapa penting peranan yang dipegang Yakobus dalam perkara itu.

Jerusalem: Kis 15:14 - Simon Naskah Yunani: Simeon, ialah nama Ibrani/Aram Simon-Petrus, bdk 2Pe 1:1.

Naskah Yunani: Simeon, ialah nama Ibrani/Aram Simon-Petrus, bdk 2Pe 1:1.

Jerusalem: Kis 15:15 - seperti yang tertulis Kutipan (Kis 15:16-17) ini mengikuti LXX dan seluruh argumentasi dibangun justru atas perbedaan-perbedaan terjemahan Yunani dengan naskah Ibrani. Kuti...

Kutipan (Kis 15:16-17) ini mengikuti LXX dan seluruh argumentasi dibangun justru atas perbedaan-perbedaan terjemahan Yunani dengan naskah Ibrani. Kutipan ini kiranya berasal dari kalangan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, meskipun di sini diajukan oleh pemimpin golongan orang-orang "Ibrani".

Jerusalem: Kis 15:17 - yang Kusebut milikKu Harafiah: yang atasnya namaKu diserukan (atau: diucapkan). Menyerukan nama Yahwe atas suatu bangsa, bdk 2Ta 7:14, atau atas sebuah tempat, 2Ta 6:34 be...

Harafiah: yang atasnya namaKu diserukan (atau: diucapkan). Menyerukan nama Yahwe atas suatu bangsa, bdk 2Ta 7:14, atau atas sebuah tempat, 2Ta 6:34 berarti: membaktikannya kepada Yahwe.

Jerusalem: Kis 15:18 - yang telah diketahui Var: Sejak semula Tuhan mengetahui karyaNya.

Var: Sejak semula Tuhan mengetahui karyaNya.

Jerusalem: Kis 15:19 - aku berpendapat Yakobus memutuskan perdebatan. Surat rasuli nanti hanya mengulang pernyataannya ini. Gal 2:9 memberi kesan yang sama: di waktu itu dalam jemaat Yerusa...

Yakobus memutuskan perdebatan. Surat rasuli nanti hanya mengulang pernyataannya ini. Gal 2:9 memberi kesan yang sama: di waktu itu dalam jemaat Yerusalem Yakobuslah yang menduduki tempat utama, bdk Kis 12:17+. Ada sebuah var yang mengurangi peranan Yakobus: Maka dari itu menurut hematku tidak bolehlah...

Jerusalem: Kis 15:20 - makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala Ialah makanan yang dalam korban orang kafir telah dipersembahkan kepada berhala-berhala, bdk Kis 15:29 dan Kis 21:25. Lihat 1Ko 8-10

Ialah makanan yang dalam korban orang kafir telah dipersembahkan kepada berhala-berhala, bdk Kis 15:29 dan Kis 21:25. Lihat 1Ko 8-10

Jerusalem: Kis 15:20 - percabulan Mungkin apa yang dimaksudkan ialah semua pergaulan seksuil yang terlarang menurut Ima 18

Mungkin apa yang dimaksudkan ialah semua pergaulan seksuil yang terlarang menurut Ima 18

Jerusalem: Kis 15:20 - daging binatang yang mati lemas Teks barat tidak memuat bagian kalimat ini dan pada akhir ayat menambah: dan tidak berbuat kepada orang lain apa yang tidak mereka kehendaki orang ber...

Teks barat tidak memuat bagian kalimat ini dan pada akhir ayat menambah: dan tidak berbuat kepada orang lain apa yang tidak mereka kehendaki orang berbuat kepada mereka sendiri (demikianpun dalam Kis 15:29). Sejumlah naskah lain tidak memuat "percabulan". Penetapan-penetapan Yakobus ini jelas menyatakan manakah pokok pertikaian. Semua penetapan itu mempunyai ciri rituil dan dengan tepat menjawab pertanyaan yang diajukan dalam Kis 11:3 dan Gal 2:12-14, yakni: apa yang harus dituntut dari orang-orang Kristen bekas kafir, supaya orang-orang Kristen bekas Yahudi dapat bergaul dengan mereka tanpa menajiskan diri menurut hukum Taurat? Dari segala peraturan ketahiran Yakobus hanya mempertahankan aturan yang makna keagamaannya nampaknya umum, yaitu: makna apa yang dipersembahkan kepada berhala membuat orang lebih kurang ikut serta dalam sebuah ibadah yang tak halal, bdk 1Ko 8-10; darah mengandung daya hidup yang merupakan hak istimewa Allah dan hukum yang mengenai darah itu, Ima 1:5, mempunyai suatu nada yang begitu rupa sehingga orang-orang Yahudi sukar dapat membebaskan orang kafir dari larangan itu; daging binatang yang mati lemas adalah berdekatan dengan darah; dalam rangka ini peraturan tentang pergaulan seksuil tidak mengenai nilai morilnya, melainkan hanya dipandang sebagai sebab kenajisan menurut hukum Taurat.

Jerusalem: Kis 15:22 - Yudas yang disebut Barsabas Orang ini tidak diketahui lebih lanjut; bdk Kis 1:23

Orang ini tidak diketahui lebih lanjut; bdk Kis 1:23

Jerusalem: Kis 15:22 - Silas Seorang teman seperjalanan Paulus, Kis 15:40-18:5 dan sesungguhnya sama dengan Silwanus yang namanya disebutkan dalam 1Te 1:1; 2Te 1:1; 2Ko 1:19; 1Pe ...

Seorang teman seperjalanan Paulus, Kis 15:40-18:5 dan sesungguhnya sama dengan Silwanus yang namanya disebutkan dalam 1Te 1:1; 2Te 1:1; 2Ko 1:19; 1Pe 5:12.

Ende: Kis 15:3 - Mereka diantar oleh umat keluar kota Ungkapan asli mengandung pula arti:

Ungkapan asli mengandung pula arti:

Ende: Kis 15:3 - mereka dibekali umat dan ada jang menterdjemahkan kalimat itu demikian.

dan ada jang menterdjemahkan kalimat itu demikian.

Ende: Kis 15:4 - Oleh Rasul-rasul Dalam Gal 2:11-14 Paulus menjebut tiga Rasul, jaitu Petrus, Jakobus dan Joanes.

Dalam Gal 2:11-14 Paulus menjebut tiga Rasul, jaitu Petrus, Jakobus dan Joanes.

Ende: Kis 15:6 - Bersidanglah Jerusalem masih mendjadi pusat pimpinan Geredja muda, dan sidang ini merupakan sidang umum resmi (Konsili) jang pertama dalam sedjarah Geredja Kudus. ...

Jerusalem masih mendjadi pusat pimpinan Geredja muda, dan sidang ini merupakan sidang umum resmi (Konsili) jang pertama dalam sedjarah Geredja Kudus. Keputusan-keputusan jang diambil tegas sekali untuk menentukan pengertian akan ini dan hakekat adjaran dan tudjuan Indjil dan dengan itu perbedaan asasi antara agama Jahudi dan jang baru. Ditegaskan bahwa hanja kepertjajaan akan Kristus dan bukan pengamalan hukum taurat jang perlu untuk keselamatan abadi.

Bersama dengan itu penting pula bahwa ditentukan kesamaan hak dan martabat orang serani bekas "kafir" dengan jang berbangsa Jahudi, dan bahwa orang tak bersunat jang bertobat sedikitpun tidak terikat pada ketentuan-ketentuan hukum dan adat-istiadat Jahudi. Dengan itu perpisahan agama serani dengan agama Jahudi makin mendjadi, dan perkembangan umat diantara bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa makin pesat.

Ende: Kis 15:8 - -- Ingatlah peristiwa bertobatnja Kornelius, bab 10.

Ingatlah peristiwa bertobatnja Kornelius, bab 10.

Ende: Kis 15:13 - Jakobus Pemimpin (uskup?) Jerusalem ini sendiri masih memenuhi dengan teliti segala sjarat hukum dan adat-istiadat Jahudi, jang tidak berlawanan dengan Indjil...

Pemimpin (uskup?) Jerusalem ini sendiri masih memenuhi dengan teliti segala sjarat hukum dan adat-istiadat Jahudi, jang tidak berlawanan dengan Indjil.

Ende: Kis 15:15-18 - -- Ajat-ajat ini dikutip dari buku nabi Amos, Amo 9:11-12, menurut teks Septuaginta, jang tidak dalam segalanja tjotjok dengan teks Ibrani. Maksudnja nub...

Ajat-ajat ini dikutip dari buku nabi Amos, Amo 9:11-12, menurut teks Septuaginta, jang tidak dalam segalanja tjotjok dengan teks Ibrani. Maksudnja nubuat menurut teks Septuaginta dan tafsiran Jakobus ialah: Allah akan mendirikan keradjaan David (Israel) jang baru, dan semua orang Jahudi, maupun bangsa-bangsa kafir akan mentjari keselamatan abadi didalamnja.

Ende: Kis 15:20 - -- Dua tuntutan dari hukum Jahudi itu, jaitu tidak boleh makan daging dari kurban-kurban jang telah dipersembahkan kepada dewa-dewa dan tidak boleh "berz...

Dua tuntutan dari hukum Jahudi itu, jaitu tidak boleh makan daging dari kurban-kurban jang telah dipersembahkan kepada dewa-dewa dan tidak boleh "berzinah" dengan sendirinja termasuk tuntutan-tuntutan Indjil djuga. Istilah "zinah" dalam hukum Jahudi meliputi segala perbuatan jang berlawanan dengan undang-undang pernikahan dan hak serta kemurnian perkawinan. Dalam hal-hal itu adat istiadat orang kafir terlalu bebas

Kedua pantangan jang lain dituntut barangkali sebab orang Jahudi terlalu djidjik akan makanan itu, sehingga dapat menimbulkan perselisihan dan perpetjahan didalam umat-umat, misalnja kalau saudara-saudara Jahudi melihat orang serani jang bukan Jahudi makan atau mengadjak makan daging atau darah itu Barangkali Jakobus djuga ingat bahwa larangan dan pantangan-pantangan itu sudah sedjak dahulu berlaku bagi orang-orang asing jang hidup ditengah-tengah orang Jahudi. Lih. Ima 17:10; 18:26; 20:2.

Ende: Kis 15:28 - Roh Kudus dan kami telah memutuskan Ini menjatakan betapa kuat keinsjafan para rasul dan geredja purba, bahwa mereka dalam segala hal jang penting diilham dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Ini menjatakan betapa kuat keinsjafan para rasul dan geredja purba, bahwa mereka dalam segala hal jang penting diilham dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Ref. Silang FULL: Kis 15:1 - Beberapa orang // kepada saudara-saudara // tidak disunat // oleh Musa · Beberapa orang: Kis 15:24; Gal 2:12 · kepada saudara-saudara: Kis 1:16; Kis 1:16 · tidak disunat: Kis 15:5; Gal 5:2,3 · ...

· Beberapa orang: Kis 15:24; Gal 2:12

· kepada saudara-saudara: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

· tidak disunat: Kis 15:5; Gal 5:2,3

· oleh Musa: Kis 6:14; [Lihat FULL. Kis 6:14]

Ref. Silang FULL: Kis 15:2 - dan penatua-penatua // di Yerusalem · dan penatua-penatua: Kis 11:30; Kis 11:30 · di Yerusalem: Gal 2:2

· dan penatua-penatua: Kis 11:30; [Lihat FULL. Kis 11:30]

· di Yerusalem: Gal 2:2

Ref. Silang FULL: Kis 15:3 - melalui Fenisia // tentang pertobatan · melalui Fenisia: Kis 11:19 · tentang pertobatan: Kis 14:27

· melalui Fenisia: Kis 11:19

· tentang pertobatan: Kis 14:27

Ref. Silang FULL: Kis 15:4 - perantaraan mereka · perantaraan mereka: Kis 15:12; Kis 14:27; 21:19

· perantaraan mereka: Kis 15:12; Kis 14:27; 21:19

Ref. Silang FULL: Kis 15:5 - dari golongan // Farisi // hukum Musa · dari golongan: Kis 5:17 · Farisi: Mat 3:7 · hukum Musa: Kis 15:1

· dari golongan: Kis 5:17

· Farisi: Mat 3:7

· hukum Musa: Kis 15:1

Ref. Silang FULL: Kis 15:7 - menjadi percaya · menjadi percaya: Kis 10:1-48

· menjadi percaya: Kis 10:1-48

Ref. Silang FULL: Kis 15:8 - hati manusia // kepada mereka · hati manusia: Wahy 2:23; Wahy 2:23 · kepada mereka: Kis 10:44,47; Kis 10:44; Kis 10:47

· hati manusia: Wahy 2:23; [Lihat FULL. Wahy 2:23]

· kepada mereka: Kis 10:44,47; [Lihat FULL. Kis 10:44]; [Lihat FULL. Kis 10:47]

Ref. Silang FULL: Kis 15:9 - dengan mereka // oleh iman · dengan mereka: Kis 10:28,34; 11:12 · oleh iman: Kis 10:43

· dengan mereka: Kis 10:28,34; 11:12

· oleh iman: Kis 10:43

Ref. Silang FULL: Kis 15:10 - mencobai Allah // suatu kuk · mencobai Allah: Kis 5:9 · suatu kuk: Mat 23:4; Mat 23:4; Gal 5:1

· mencobai Allah: Kis 5:9

· suatu kuk: Mat 23:4; [Lihat FULL. Mat 23:4]; Gal 5:1

Ref. Silang FULL: Kis 15:11 - kasih karunia · kasih karunia: Rom 3:24; Rom 3:24; Gal 2:16; Ef 2:5-8

· kasih karunia: Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]; Gal 2:16; Ef 2:5-8

Ref. Silang FULL: Kis 15:12 - dan mujizat // perantaraan mereka · dan mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48 · perantaraan mereka: Kis 15:4; Kis 14:27; 21:19

· dan mujizat: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]

· perantaraan mereka: Kis 15:4; Kis 14:27; 21:19

Ref. Silang FULL: Kis 15:13 - berkatalah Yakobus · berkatalah Yakobus: Kis 12:17; 21:18; 1Kor 15:7; Gal 1:19; 2:9,12

· berkatalah Yakobus: Kis 12:17; 21:18; 1Kor 15:7; Gal 1:19; 2:9,12

Ref. Silang FULL: Kis 15:14 - bagi nama-Nya · bagi nama-Nya: 2Pet 1:1

· bagi nama-Nya: 2Pet 1:1

Ref. Silang FULL: Kis 15:17 - semuanya ini · semuanya ini: Am 9:11,12

· semuanya ini: Am 9:11,12

Ref. Silang FULL: Kis 15:18 - sejak semula · sejak semula: Yes 45:21

· sejak semula: Yes 45:21

Ref. Silang FULL: Kis 15:20 - dicemarkan berhala-berhala // dari percabulan // dari darah · dicemarkan berhala-berhala: 1Kor 8:7-13; 10:14-28; Wahy 2:14,20 · dari percabulan: 1Kor 10:7,8; Wahy 2:14,20 · dari darah: Kis ...

· dicemarkan berhala-berhala: 1Kor 8:7-13; 10:14-28; Wahy 2:14,20

· dari percabulan: 1Kor 10:7,8; Wahy 2:14,20

· dari darah: Kis 15:29; Kej 9:4; Im 3:17; 7:26; 17:10-13; 19:26; Ul 12:16,23

Ref. Silang FULL: Kis 15:21 - hari Sabat · hari Sabat: Kis 13:15; 2Kor 3:14,15

· hari Sabat: Kis 13:15; 2Kor 3:14,15

Ref. Silang FULL: Kis 15:22 - dan penatua-penatua // ke Antiokhia // dan Silas · dan penatua-penatua: Kis 11:30; Kis 11:30 · ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19 · dan Silas: Kis 15:27,32,40; Kis 16:19,25,29; 2...

· dan penatua-penatua: Kis 11:30; [Lihat FULL. Kis 11:30]

· ke Antiokhia: Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

· dan Silas: Kis 15:27,32,40; Kis 16:19,25,29; 2Kor 1:19; 1Tes 1:1; 2Tes 1:1; 1Pet 5:12

Ref. Silang FULL: Kis 15:23 - di Antiokhia // Siria // dan Kilikia · di Antiokhia: Kis 15:1; Kis 11:19; Kis 11:19 · Siria: Luk 2:2; Luk 2:2 · dan Kilikia: Kis 15:41; Kis 6:9; Kis 6:9

· di Antiokhia: Kis 15:1; Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

· Siria: Luk 2:2; [Lihat FULL. Luk 2:2]

· dan Kilikia: Kis 15:41; Kis 6:9; [Lihat FULL. Kis 6:9]

Ref. Silang FULL: Kis 15:24 - dengan ajaran · dengan ajaran: Kis 15:1; Gal 1:7; 5:10

· dengan ajaran: Kis 15:1; Gal 1:7; 5:10

Ref. Silang FULL: Kis 15:26 - mempertaruhkan nyawanya · mempertaruhkan nyawanya: Kis 9:23-25; 14:19; 1Kor 15:30

· mempertaruhkan nyawanya: Kis 9:23-25; 14:19; 1Kor 15:30

Ref. Silang FULL: Kis 15:27 - dan Silas · dan Silas: Kis 15:22; Kis 15:22

· dan Silas: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

Ref. Silang FULL: Kis 15:28 - Roh Kudus · Roh Kudus: Kis 5:32

· Roh Kudus: Kis 5:32

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 15:1-5 - Perselisihan di Antiokhia Hingga kini, dengan penuh sukacita kita telah mengikuti perjalanan para rasul yang gemilang itu untuk memberitakan Injil di kawasan-kawasan asin...

Matthew Henry: Kis 15:6-21 - Sidang di Yerusalem Sidang di Yerusalem ( Kis 15:6-21) Di sini kita membaca perihal sebuah sidang yang diselenggarakan, bukan atas dasar perintah tertulis, melainkan...

Matthew Henry: Kis 15:22-35 - Keputusan Sidang di Yerusalem Keputusan Sidang di Yerusalem ( Kis 15:22-35) Di sini kita mendapati hasil perundingan yang diselenggarakan di Yerusalem perihal pemberlakuan hukum...

SH: Kis 15:1-21 - Hai gereja, bersatulah! (Minggu, 11 Juni 2000) Hai gereja, bersatulah! Kesatuan umat Kristen di Indonesia bisa dikatakan semakin memprihatinkan, karena di tengah tantangan dan penganiayaan, ...

SH: Kis 15:1-5 - Mengelola konflik (Sabtu, 21 Mei 2005) Mengelola konflik Gereja yang sedang bertumbuh dan mulai menata diri biasanya akan bertemu dengan permasalahan internal gereja, misalnya: masala...

SH: Kis 15:1-21 - Pahami dasar iman kita (Minggu, 30 Mei 2010) Pahami dasar iman kita Pemahaman akan kebenaran mau tidak mau membuat kita harus tegas mengambil sikap untuk berdiri di atas-nya, terutama ketika ada...

SH: Kis 15:1-21 - Kesatuan suara dalam kebenaran (Jumat, 22 Juni 2012) Kesatuan suara dalam kebenaran Paduan suara merupakan gabungan yang kompak dari berbagai jenis suara: pria dan wanita, tinggi dan rendah. Di dalam pa...

SH: Kis 15:1-21 - Semua Orang Diterima Allah (Jumat, 14 September 2018) Semua Orang Diterima Allah Selama ratusan tahun tidak ada bagian kehidupan di Afrika Selatan yang tidak diatur oleh pemisahan ras (apartheid). Hingga...

SH: Kis 15:6-12 - Anugerah yang menyelamatkan (Minggu, 22 Mei 2005) Anugerah yang menyelamatkan Apakah tradisi, upacara, dan peraturan agama bisa dijadikan syarat untuk manusia mendapatkan anugerah Allah? Bolehka...

SH: Kis 15:13-21 - Keselamatan bagi segala bangsa (Senin, 23 Mei 2005) Keselamatan bagi segala bangsa Rencana Tuhan untuk membukakan mata para pemimpin gereja akan misi-Nya sungguh indah. Ia telah mengilhami Paulus ...

SH: Kis 15:22-34 - Bijaksana dan peka (Senin, 12 Juni 2000) Bijaksana dan peka Itulah penilaian seorang tokoh kristen tentang surat yang dibuat oleh para rasul di Yerusalem kepada jemaat-jemaat non-Yahudi...

SH: Kis 15:22-34 - Keputusan yang menghasilkan sukacita (Selasa, 24 Mei 2005) Keputusan yang menghasilkan sukacita Menjadi pemimpin tanpa hikmat Tuhan dapat mengaburkan pengambilan keputusan untuk menyelesaikan berbagai ma...

SH: Kis 15:22-34 - Pemecahan masalah (Senin, 31 Mei 2010) Pemecahan masalah Bagaimana kita seharusnya memecahkan masalah yang muncul di antara jemaat? Alkitab memang tidak mem-beri pemaparan melalui sebuah m...

SH: Kis 15:22-34 - Bukti lisan dan tulisan (Sabtu, 23 Juni 2012) Bukti lisan dan tulisan Jika kita mendirikan suatu organisasi atau lembaga, kita harus memiliki kelengkapan-kelengkapan yang menjadi prasyarat guna m...

SH: Kis 15:22-34 - Perkunjungan (Sabtu, 15 September 2018) Perkunjungan Visitasi, demikianlah gereja mengistilahkan suatu perkunjungan. Seseorang yang diberikan tugas mengunjungi jemaat akan melihat keadaan k...

Utley: Kis 15:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:1-51 Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: "Jikalau kamu tidak d...

Utley: Kis 15:6-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:6-116 Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu. 7 Sesudah beberapa waktu lamanya be...

Utley: Kis 15:12-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:12-2112 Maka diamlah seluruh umat itu, lalu mereka mendengarkan Paulus dan Barnabas menceriterakan segala tanda dan muji...

Utley: Kis 15:22-29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 15:22-2922 Maka rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat itu mengambil keputusan untuk memilih dari antara me...

Topik Teologia: Kis 15:1 - -- Gereja Sunat Perlu untuk Keselamatan Kis 15:1-2,4-5 Gal 6:12-16 Fili 3:2-3 Penatua Menyelesaikan Perbedaan Pendap...

Topik Teologia: Kis 15:2 - -- Gereja Sunat Perlu untuk Keselamatan Kis 15:1-2,4-5 Gal 6:12-16 Fili 3:2-3 Berkomunikasi dengan Gereja Lokal Lainnya ...

Topik Teologia: Kis 15:3 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Uskup / Penatua Kewajiban Uskup / Penatua Penatua Menyelesaikan Perbedaan Pendapat ...

Topik Teologia: Kis 15:4 - -- Gereja Gereja Yerusalem Kis 8:1 Kis 11:22 Kis 15:4 Sunat Perlu untuk Keselamatan Kis 15:1-2,4-5 Ga...

Topik Teologia: Kis 15:6 - -- Gereja Gereja Mendamaikan Perbedaan Ras Kis 15:6-33 Penatua Menyelesaikan Perbedaan Pendapat Kis 15:1-29 Kis 16:4

Topik Teologia: Kis 15:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah untuk Suatu Tanggung Jawab Yoh 15...

Topik Teologia: Kis 15:8 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Mahatahu Kej 6:5 Kel 3:7 1Ra 8:39 2Ra 19:27 2Ta 16:9 Ayu 9:4 Ayu 12:13 Ay...

Topik Teologia: Kis 15:9 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita Kis 15:7-11 Rom 3:28 Rom 4:1-16,25 Rom 9:30-33 Rom 11:2,5-6 Gal 2:16...

Topik Teologia: Kis 15:10 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Penolakan Mencobai Allah Bil 14:22-23 Ula 6:16 Maz 78:18-19,41-42,56-58 Maz 9...

Topik Teologia: Kis 15:11 - -- Yesus Kristus Kasih Karunia Yoh 1:14,17 Kis 15:11 2Ko 8:9 1Ti 1:14 Ibr 4:16 Tuhan Yesus Kis 7:59 Kis 8...

Topik Teologia: Kis 15:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Pengesahan Mujizat-mujizat ...

Topik Teologia: Kis 15:14 - -- Gereja Umat Allah Mat 1:21 Luk 1:17 Kis 3:23 Kis 15:14 Rom 9:25-26 Rom 15:10 2Ko 6:16 Efe 2:19 Efe 3:8 Ibr 2:17 Ibr 4:9 Ibr 8:1...

Topik Teologia: Kis 15:17 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Mahatahu Kej 6:5 Kel 3:7 1Ra 8:39 2Ra 19:27 2Ta 16:9 Ayu 9:4 Ayu 12:13 Ay...

Topik Teologia: Kis 15:19 - -- Dosa Dosa-dosa Kedagingan Dosa-dosa Seksual yang Dilarang Kel 20:14 Ima 18:20,24 Ima 19:29 Ima 21:7 Ula 23:17 Ams 6:23-26 Ams 7...

Topik Teologia: Kis 15:21 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Musa Kis 15:2...

Topik Teologia: Kis 15:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain Kej 6:22 ...

Topik Teologia: Kis 15:24 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Jiwa Manusia Jiwa sebagai Keadaan dari Pikiran ...

Topik Teologia: Kis 15:26 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Menderita Demi Nama-Ny...

Topik Teologia: Kis 15:28 - -- Roh Kudus Roh adalah Pribadi yang Berkuasa Hak 14:6 Hak 14:19 Hak 15:14 1Sa 10:10 1Sa 16:13 Luk 1:35 Luk 4:14 Kis 10:38 Kis 15:28 R...

TFTWMS: Kis 9:3--26:15 - Konfrontasi Yang Tak Terduga KONFRONTASI YANG TAK TERDUGA (Kis 9:3-5; 22:6-8; 26:13-15) Saat itu menjelang tengah hari pada hari terakhir perjalanan tersebut. Tembok kota Damsyik...

TFTWMS: Kis 9:6--26:18 - Tantangan Yang Luar Biasa TANTANGAN YANG LUAR BIASA (Kis 9:6-9; 22:9-11; 26:16-18) Jawaban Tuhan sama mengejutkannya seperti penampakan diri-Nya. Yesus memberitahu Saulus untu...

TFTWMS: Kis 9:18--26:19 - Mualaf Yang Tidak Ragu-ragu MUALAF YANG TIDAK RAGU-RAGU (Kis 9:18, 19; 26:19) Bagi Saulus keputusan itu memang berat. Memang selalu berat bagi siapa saja untuk mengakui bahwa se...

TFTWMS: Kis 9:20--26:20 - Belajar Bicara BELAJAR BICARA (Kis 9:20-22, 27-29; 26:20) Anak bayi harus belajar bicara. Beberapa dapat belajar dengan cepat; beberapa lagi perlu waktu agak lama. ...

TFTWMS: Kis 9:29--22:21 - Rintangan Kedegilan RINTANGAN KEDEGILAN (Kis 9:29, 30; 22:17-21) Ketika Saulus memberitakan injil di Yerusalem, salah satu tempat pertama yang ia kunjungi adalah sinagog...

TFTWMS: Kis 9:1--26:12 - Keyakinan Yang Kokoh KEYAKINAN YANG KOKOH (Kis 9:1, 2; 22:4, 5; 26:9-12) Untuk menghargai perubahan yang terjadi atas diri Saulus, kita perlu mengetahui sesuatu tentang h...

TFTWMS: Kis 9:10--22:16 - Orang Kristen Yang Tidak Bersemangat ORANG KRISTEN YANG TIDAK BERSEMANGAT (Kis 9:10-17; 22:10, 12-16) Tuhan membiarkan Saulus dalam kegelapan—secara harfiah, secara rohani, dan secara ...

TFTWMS: Kis 15:1-3 - Konflik Konflik (Kis 15:1-3) Pada waktu Paulus dan Barnabas "lama tinggal" dan bekerja di Antiokhia setelah perjalanan pertama mereka (14:28), kaba...

TFTWMS: Kis 15:1-2 - Akankah Lenyap Dengan Sendirinya? AKANKAH LENYAP DENGAN SENDIRINYA? (Kis 15:1, 2) Cara beberapa orang "menangani" konflik adalah dengan mengabaikannya, bahkan mungkin dengan...

TFTWMS: Kis 15:2-3 - Cukup Kuatkah Saya Menekan Harga Diri Saya? CUKUP KUATKAH SAYA MENEKAN HARGA DIRI SAYA? (Kis 15:2, 3) Sebelumnya saya telah menyinggung masalah kebanggaan atau harga diri, namun nasihat ini ber...

TFTWMS: Kis 15:3-5 - Bersediakah Saya Membicarakan Hal Itu? BERSEDIAKAH SAYA MEMBICARAKAN HAL ITU? (Kis 15:3-5) Respon klasik dari orang yang bersandar pada "pendekatan menarik diri" dari konflik ada...

TFTWMS: Kis 15:4-21 - Sidang Sidang (Kis 15:4-21) Ketika mereka tiba di Yerusalem, "mereka disambut oleh jemaat dan oleh rasul-rasul dan penatua-penatua, lalu mereka menceri...

TFTWMS: Kis 15:12-18 - Apakah Saya Berpaut Erat Kepada Kitab Suci? APAKAH SAYA BERPAUT ERAT KEPADA KITAB SUCI? (Kis 15:12-18) Pidato Petrus membuat orang banyak terdiam. Kemudian Barnabas 17dan Paulus menceritakan pe...

TFTWMS: Kis 15:13-19 - Berpaut Erat Kepada Kitab Suci BERPAUT ERAT KEPADA KITAB SUCI (Kis 15:13-19) Pelajaran kita sebelumnya berakhir di pertengahan pidato Yakobus yang kita katakan bahwa, dalam segala ...

TFTWMS: Kis 15:20-21 - Peka Terhadap Perasaan Orang Lain PEKA TERHADAP PERASAAN ORANG LAIN (Kis 15:20, 21) Yakobus tidak mengatakan, "Sebab itu, inilah yang akan dilakukan." Sebaliknya, ia berkata...

TFTWMS: Kis 15:22-31 - Penghiburan Penghiburan (Kis 15:22-31) Rekomendasi Yakobus diterima oleh "rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat" (ay. 22), dan mereka...

TFTWMS: Kis 15:22-25 - Menyerah Secara Anggun MENYERAH SECARA ANGGUN (Kis 15:22, 25) Ketika Yakobus selesai bicara, hal yang luar biasa dan menakjubkan terjadi: Seluruh jemaat setuju. Ayat 22 ber...

TFTWMS: Kis 15:22-29 - Melakukan Secara Pribadi MELAKUKAN SECARA PRIBADI (Kis 15:22-29) Setelah menetapkan untuk mengirim surat, "maka rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat it...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT ORANG DEWASA UNTUK PARA BAYI DALAM KRISTUS (Kis 9:23-30; 22:17-21) Sewaktu Yesus berbicara kepada Nikodemus, Ia membandingkan proses perubaha...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:23-30; 22:17-21) Marilah kita sudahi pelajaran ini dengan menguji diri kita sendiri. Biarlah setiap orang bertanya, "Kemajuan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kedua nas ini memakai istilah "bayi" dalam nada menghina sebab mereka yang ditegur itu tidak bertumbuh sebagai orang Kri...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DI JALAN MENUJU PEMURIDAN (Kis 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Dalam pelajaran ini dan berikutnya kita akan mempelajari "kisah perubahan hidup paling t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Kita harus menunggu sampai pelajaran berikutnya untuk melihat terlaksananya kunjungan itu dan untuk mendenga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Acts of the Apostles, The Daily Study Bible Series, rev. ed. (Philadelphia: Westminster Press, 1976), 70. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PEMBUNUH MASAL DIBAPTIS! (Kis 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Beberapa tahun yang lalu, vonis yang dijatuhkan ke atas Jeffrey Dahmer, seorang pembunuh ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Jika tempat mengizinkan, kita dapat juga berbicara tentang "komitmen yang hidup terus" saat S...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai kejadian serupa yang lebih familiar bagi para pendengar boleh digunakan ketimbang kisah Dahmer ini. 2 Melissa Prichard...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PELBAGAI RINTANGAN BAGI ORANG KRISTEN BARU (Kis 9:19-31; 22:17-21) Rasul Paulus sering membandingkan kehidupan Kristiani dengan suatu perlombaan (1Ko...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:19-31; 22:17-21) Saulus tidak menemukan kehidupan Kristiani sebagai kehidupan yang mudah, tetapi ia juga tidak menemukan kehidupan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang 8:22, 24. 2 Lihat 1Korintus 3:1, 2; Ibrani 5:12-14. Nas-nas itu juga menyiratkan bahwa orang Kristen yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PARA PENYUMBAT PINTU IMAN(15:1-31) Saya sedang mengemudi, hanya memikirkan tujuan saya tanpa memperhatikan dimana saya berada ketika— kedhubraaak...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) JANGAN PANIK, BILA TIMBUL KONTROVERSI (15:1-18) Saya tidak suka kontroversi. Saya tidak suka mendengar orang saling melontarkan kata-kata pedas dan b...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 15:1-31) Dalam dua pelajaran kita berikutnya, kita akan menekankan bahwa apabila kita tidak sejalan dengan saudara-saudara kita, kada...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 15:1-18) Di awal pelajaran ini, saya mengakui ketidaksukaan saya terhadap kontroversi. Sambil kita menyudahi pelajaran ini, izinkan s...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Polisi Tidur" adalah gundukan aspal atau semen setinggi beberapa sentimeter yang melintang di jalan. 2 Kisah tentang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Jika saja tidak ditangani dengan tepat, kontroversi ini akan menyebar ke jemaat-jemaat lainnya. 2 Lagi, saya akan menambahkan b...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT TAMBAHAN DALAM MENANGANI KONTROVERSI(15:13-35) Di Antiokhia kontroversi sudah menunjukkan gejala-gejala yang membahayakan. Saudara-saudara ya...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 15:13-35) Dalam pengkajian kita terhadap Kisah 15:1-35, kita telah menemukan pelbagai prinsip yang dapat membantu kita menangani kont...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Di dalam Amos 9:12 di Perjanjian Lama Anda (yang didasarkan pada naskah Ibrani), Anda akan menemukan acuan kepada bangsa Edom. Sep...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 1.63 detik
dipersembahkan oleh YLSA